ISO 27001

ISO 27001 – Adalah standar Internasional untuk sistem manajemen keamanan informasi atau lebih sering disebut dengan Information Security Management Systems (ISMS).  Menerapkan standar ISO 27001 akan membantu organisasi atau perusahaan Anda dalam mengelola keamanan aset seperti informasi keuangan, kekayaan intelektual, rincian karyawan atau informasi yang dipercayakan kepada Anda oleh pihak ketiga.

27001: 2013 memiliki sepuluh klausa pendek, ditambah lampiran yang panjang, yang meliputi:

  1. Lingkup standar
  2. Bagaimana dokumen direferensikan
  3. Reuse istilah dan definisi dalam ISO / IEC 27000
  4. Hubungan organisasi dan stakeholder
  5. Kepemimpinan keamanan informasi dan dukungan tingkat tinggi untuk kebijakan
  6. Perencanaan sistem manajemen keamanan informasi; perkiraan resiko; perlakuan resiko
  7. Mendukung sistem manajemen keamanan informasi
  8. Membuat sistem manajemen keamanan informasi operasional
  9. Meninjau kinerja sistem
  10. Tindakan korektif

 

Mengapa organisasi atau perusahaan perlu menerapkan ISO 27001?

Sebagian besar organisasi atau perusahaan memiliki beberapa kontrol keamanan informasi. Namun, jika tidak memiliki kontrol ISMS, mungkin menyebabkan hal itu tidak sesuai dengan kebutuhan bisnis perusahaan. Beberapa manfaat dari standar ISO 27001, yaitu:

Keyakinan (Trust): Menyediakan keyakinan dan jaminan untuk klien dan mitra dagang, bahwa perusahaan Anda mempunyai sistem manajemen keamanan informasi yang serius. Selain itu, ISO 27001 juga dapat digunakan untuk memasarkan perusahaan.

Efisiensi: pilihan pengendalian dilakukan sebagai bagian dari proses perlakuan resiko yang sedang berlangsung.

Perbaikan terus menerus: ISO 27001 meminta Anda untuk terus meningkatkan keamanan informasi perusahaan Anda. Hal ini membantu Anda untuk lebih menentukan jumlah keamanan yang tepat yang dibutuhkan untuk perusahaan. Sumber daya yang dihabiskan tidak terlalu sedikit, tidak terlalu banyak, tapi dalam jumlah yang tepat.