VERSI BARU ISO 22000 SUDAH KELUAR

Dengan lebih dari dua ratus penyakit yang menyebar melalui rantai makanan, jelas bahwa produksi makanan yang aman dan berkelanjutan adalah salah satu tantangan terbesar kita. Globalisasi perdagangan pangan semakin memperumit keamanan pangan dan edisi baru ISO 22000 tentang sistem manajemen keamanan pangan menyajikan respons yang tepat waktu.

Keamanan pangan adalah tentang pencegahan, eliminasi dan pengendalian bahaya bawaan makanan, dari tempat produksi hingga titik konsumsi. Karena bahaya keamanan pangan dapat diperkenalkan pada setiap tahap proses, setiap perusahaan dalam rantai pasokan makanan harus melakukan pengendalian bahaya yang memadai. Bahkan, keamanan pangan hanya dapat dipertahankan melalui upaya gabungan semua pihak: pemerintah, produsen, pengecer, dan konsumen akhir.

Ditujukan untuk semua organisasi dalam industri makanan dan pakan, terlepas dari ukuran atau sektor, ISO 22000: 2018 , sistem manajemen keamanan pangan – Persyaratan untuk setiap organisasi dalam rantai makanan , menerjemahkan manajemen keamanan pangan ke dalam proses yang terus ditingkatkan. Dibutuhkan pendekatan kehati-hatian untuk keamanan makanan dengan membantu mengidentifikasi, mencegah dan mengurangi bahaya bawaan makanan dalam rantai makanan dan pakan.

Edisi baru membawa kejelasan pemahaman bagi ribuan perusahaan di seluruh dunia yang sudah menggunakan standar. Perbaikan terbaru termasuk:

  • Adopsi Struktur Tingkat Tinggi yang umum untuk semua standar sistem manajemen ISO, sehingga lebih mudah bagi organisasi untuk menggabungkan ISO 22000 dengan sistem manajemen lain (seperti ISO 9001 atau ISO 14001) pada waktu tertentu
  • Pendekatan baru terhadap risiko – sebagai konsep vital dalam bisnis makanan – yang membedakan antara risiko di tingkat operasional dan tingkat bisnis sistem manajemen
  • Tautan kuat ke Codex Alimentarius, kelompok makanan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang mengembangkan pedoman keamanan pangan bagi pemerintah

Standar baru ini menawarkan pengendalian dinamis bahaya keamanan pangan yang menggabungkan unsur-unsur kunci yang secara umum dikenal: komunikasi interaktif, manajemen sistem, Program Prasyarat (PRP), dan prinsip Analisis Bahaya dan Titik Kendali Kritis (HACCP).

Jacob Faergemand, Ketua komite teknis ISO / TC 34, produk makanan , subkomite 17, Sistem manajemen keamanan pangan, yang mengembangkan standar, mengatakan: “Untuk memenuhi kebutuhan pasar untuk keamanan pangan, ISO 22000 dibuat oleh para pemangku kepentingan yang terlibat dalam organisasi keamanan pangan: pemerintahan, konsumen, konsultasi, industri dan penelitian. Ketika sistem manajemen keamanan pangan dikembangkan oleh pengguna ISO 22000, Anda memastikan bahwa persyaratan dari pasar terpenuhi. ”

ISO 22000:2018 membatalkan dan menggantikan ISO 22000:2005. Organisasi yang bersertifikasi standar memiliki tiga tahun sejak tanggal publikasi untuk transisi ke versi baru.

 

Sumber : iso.org

 

PT. GALAXI SERTIFIKASI SISTEM adalah perusahaan yang menyediakan standar sistem manajemen untuk berbagai produk dan layanan, dan juga menyediakan layanan sertifikasi dan layanan standar untuk bisnis. Membantu organisasi menjadi unggul dan lebih baik, mengurangi risiko, dan mendapatkan pertumbuhan yang berkelanjutan. Sertifikasikan ISO 22000 di perusahaan Anda dengan kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *