Strategi Manajemen Waktu Produktif

Pentingnya manajemen waktu agar lebih produktif dalam bekerja. Waktu adalah salah satu hal penting yang perlu diperhatikan, karena sedetik pun waktu tidak akan pernah bisa diulangi.

Menjaga efektifitas dan efisiensi waktu adalah salah satu hal wajib yang harus Anda lakukan, terutama dalam bekerja. Manajemen waktu diperlukan agar Anda bisa lebih produktif dalam bekerja.

Meskipun melakukan hal ini bukanlah satu hal yang mudah, butuh kebiasaan dan mungkin sedikit paksaan dari dalam diri Anda sendiri. Kendati demikian bukan hal yang tidak mungkin untuk Anda bisa memiliki manajemen waktu yang baik.

Ada beberapa tips dan strategi manajemen waktu agar Anda lebih produktif dalam bekerja dan bisa Anda lakukan.

1. Membuat daftar yang harus dilakukan “To Do List”

Tips manajemen waktu agar lebih produktif dalam bekerja  yang pertama adalah dengan membuat daftar yang harus dilakukan atau to do list. Dengan daftar ini maka Anda bisa memperkirakan dan menata jadwal dengan baik.

2. Membuat jadwal sesuai prioritas

Tips manajemen waktu agar lebih produktif dalam bekerja yang berikutnya adalah dengan belajar membuat jadwal sesuai prioritas. Misalnya Anda memiliki tugas dengan deadline yang paling dekat, maka prioritaskan tugas tersebut dalam jadwal Anda. Kemudian Anda juga bisa mempertimbangkan skala prioritas yang lain, misalnya tingkat urgensi pekerjaan dan lain sebagainya.

Dalam membuat jadwal sesuai dengan prioritas memang perlu pemahaman mengenai masing-masing tugas yang harus Anda kerjakan. Oleh sebab itulah prioritas pekerjaan Anda hanya Anda yang mengetahuinya.

3. Tidak menunda pekerjaan

Ini yang sering kali terjadi, menunda pekerjaan yang dianggap ringan dan pada akhirnya menumpuk di belakang. Hal ini justru akan merusak jadwal Anda secara keseluruhan, oleh sebab itulah jangan sekalipun menunda pekerjaan yang sudah seharusnya Anda kerjakan.

Jika Anda mendapatkan tugas dengan rentan waktu deadline yang lebih dekat dan bisa lebih cepat Anda kerjakan, maka Anda bisa mengerjakan tugas itu terlebih dahulu.

4. Konsistensi

Setelah Anda memiliki jadwal yang baik dan dirasa sesuai dengan pekerjaan harian Anda, yang selanjutnya harus Anda lakukan adalah melakukan jadwal tersebut secara konsisten.

Memang kelihatannya mudah, namun berlaku konsisten pada sebuah jadwal bukanlah perkara yang mudah, sekalipun jadwal tersebut Anda sendiri yang membuatnya.

Namun jika Anda benar-benar ingin memanajemen waktu agar lebih produktif dalam bekerja, maka konsistensi melakukan pekerjaan sesuai jadwal adalah hal wajib yang harus Anda lakukan.

5. Jangan takut katakan tidak

Tips manajemen waktu agar lebih produktif dalam pekerjaan yang berikutnya adalah untuk tidak takut mengatakan tidak. Maksudnya adalah jika dalam hari ini Anda sudah memiliki pekerjaan yang penuh, maka jangan takut untuk menolak pekerjaan yang lain. Kecuali bisa Anda kerjakan di kemudian hari.

6. Kenali waktu Anda di mana Anda lebih produktif

Tips manajemen waktu agar lebih produktif dalam pekerjaan yang tidak kalah penting adalah dengan mengenali waktu yang bisa Anda lakukan lebih produktif. Masing-masing orang memiliki waktu produktif masing-masing.
Misalnya Anda lebih produktif jika melakukan pekerjaan di pagi hari, maka maksimalkan waktu tersebut untuk bekerja. Atau jika Anda lebih suka bekerja pada malam hari, Anda juga bisa memfokuskan jadwal Anda untuk menyelesaikan pekerjaan di malam hari.

7. Hindari hal-hal yang membuat Anda tidak fokus

Ini yang sering kali terjadi di saat Anda melakukan pekerjaan, rasa tidak fokus pada akhirnya merusak jadwal pekerjaan Anda. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menghindari hal-hal yang sekiranya akan membuat Anda menjadi tidak fokus.

8. Sediakan waktu untuk beristirahat

Manajemen waktu yang baik tentu saja tidak melupakan kebutuhan diri Anda sendiri. Jika Anda merasa memiliki manajemen waktu yang baik, seharusnya Anda tidak akan pernah merasa kelelahan, karena Anda memiliki jadwal istirahat yang baik.

9. Sediakan waktu untuk hal-hal tidak terduga

Jika Anda ingin memiliki manajemen waktu yang baik dan lebih produktif dalam pekerjaan, ada baiknya jika Anda menyediakan waktu untuk hal-hal tidak terduga. Seperti menyediakan waktu untuk kemungkinan pekerjaan yang tidak bisa terselesaikan dalam waktu yang sudah diperkirakan.

10. Memulai pekerjaan lebih awal

Tips manajemen waktu agar lebih produktif dalam dunia pekerjaan yang berikutnya adalah dengan memulai pekerjaan lebih awal. Ini juga masih berkaitan dengan poin sebelumnya, dimana Anda menyediakan waktu tambahan untuk hal-hal yang tidak terduga.

11. Menetapkan deadline Anda sendiri

Hal ini juga tidak kalah penting, seandainya Anda memiliki jadwal pekerjaan dengan deadline cukup panjang, maka bukan sebuah masalah jika Anda kemudian menetapkan deadline Anda sendiri. Pekerjaan yang seharusnya memiliki deadline dua hari, Anda bisa menetapkan deadline Anda sendiri agar bisa diselesaikan dalam sehari atau semacamnya.

12. Letakan jam di depan Anda

Ini berlaku untuk Anda yang belum terbiasa dengan jadwal dan juga manajemen waktu yang baru. Jadi Anda bisa meletakan jam di depan Anda, setidaknya Anda bisa menganggap bahwa jam Anda adalah supervisor Anda. Jadi Anda harus sesuai dengan jadwal yang sudah Anda tetapkan.

 

Sumber : https://www.jadikaryawan.com/tips-manajemen-waktu-agar-produktif-dalam-bekerja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *